Hello sobat net, 
Materi yang lalu kita sudah mengulas tentang Amankan Komputermu dari Ancaman Internet. Untuk kali ini mimin akan membahas materi tentang antisipasi apa saja sih yang kita perlukan untuk menangkal ancaman internet yang berbahaya.

Langsung lanjut ke materi aja yuk, biar ngga penasaran lagi.

Mimin udah siapin nih “9 Kiat Jitu untuk Hindari Spam” setidaknya untuk meminimalisir masuknya spam ke mailbox, kita perlu beberapa kiat yang ampuh yang bisa kita lakukan, antara lain:

Yang pertama harus kita lakukan yaitu tidak perlu merespons, menjawab, atau membalas email yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal. Intinya kita cuek aja jika ada email masuk tapi nggak penting. Tidak sepenuhnya kita menghindari pesam tersebut, karena yang ditakutkan adalah pesan yang masuk adalah spam dan dapat mengganggu aktivitas kita.

Kita harus selalu waspada apabila akan mengirimkan email, melakukan remove, unsubscribe atau sejenisnya ke pengirim spam (spammer) yang akan berakibat fatal. Kita telah memberikan informasi bahwa email kita aktif kepada mereka, yang akan berakibat semakin membanjirnya spam ke mailbox.
Sebaiknya, kita jangan pernah membuka atau klik link situs yang ditawarkan atau dikonfirmasikan oleh email yang kita tidak mengenal siapa pengirimnya.

Karena keperluan kita berbeda-beda, maka dengan membuat beberapa email yang berbeda bisa menjadi solusi agar kita bisa membedakan email untuk keperluan pribadi (termasuk keperluan pekerjaan atau sekolah) dan email yang memang akan kita gunakan untuk keperluan mendaftar di mailing list tertentu atau mengisi formulir online di sebuah situs.

Kita juga perlu menghindari untuk memberikan alamat email pribadi ke sembarang orang, termasuk memasangnya di media sosial. Maka saran nomor 4 jadi salah satu yang perlu dipertimbangkan. Jika perlu, kita bisa memasang software anti spam di komputer yang kita miliki.

Dengan mengaktifkan fitur anti spam yang terdapat dilayanan email yang kita punya. Biasanya pada akun email di Gmail, Yahoo, dan Hotmail memiliki fitur antispam. Ataupun kita bisa meminta atau menanyakan kepada ISP langganan kita, karena sejumlah ISP terkemuka di Indonesia juga telah melindungi email pelanggannya dengan anti spam.

Membaca dan mengikuti informasi terkini tentang perkembangan spam secara global/internasional serta penanggulangannya di situs www.spamhaus.org menjadikan kita tidak gaptek dan kudet.

Trik yang terakhir yaitu kita senantiasa mengecek apakah email kita dalam kondisi aman atau tidak.
Itulah beberapa tips dan trik untuk antisipasi ancaman internet yang selalu menghantui kita. Semoga bermanfaat buat sobatnet semuanya.