Tips Mengenalkan Internet Berdasarkan Usia Anak

Hello sobat net....
Ketemu lagi di tulisan selanjutnya, setelah kemarin mimin membahas tantangan internet bagi orang tua. Kini untuk pembahasan selanjutnya mimin pengen mengulas tentang Mengenalkan Internet Berdasarkan Usia.

Emang harus beda-beda gitu ya min?
Yups! Tentu harus beda dong.

Coba deh sobat net perhatiin kalo semisal penggunaan internet di samain, ntar ga ada bedanya dong mana yang udah dewasa sama anak-anak.
Langsung aja yuk sobat net sekalian kita kupas dan tuntas materi kita,Yuk marii.......

Mengenalkan Internet Berdasarkan Usia Anak merupakan sebuah usaha orang tua untuk memberikan pendidikan kepada seorang anak mulai dari hal terkecil. Seorang anak selalu mempunyai keinginannya sendiri dan para orang tua juga pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Tapi ketika kedua hal tersebut tidak dikomunikasikan, maka akan terjadi miss atau kesalahpahaman yang berujung ketidak harmonisan antar anak dan orang tua.

Salah satu cara untuk mengenalkan internet kepada anak yaitu kita harus mengetahui rentang usia berapa saja sih anak-anak sudah boleh mengakses internet. Langsung aja kita simak penjelasannya berikut ini:

Usia 2 s/d 4 tahun
Pada usia ini, peran orang tua masih sangat diutamakan dan segala aktivitas anak harus selalu didampingi oleh orang tua. Berinternet bersama orang tua akan menjadi hal yang terbaik dan menyenangkan yang sekaligus dapat memperkuat ikatan emosional antara sang anak dengan orang tua. Hal tersebut bukan berarti mereka dibiarakan menggunakan internet secara bebas.

Orang tua tetap berkewajiban untuk memilihkan situs yang cocok untuk anak-anak, agar mereka senantiasa mengunjungi situs tersebut dan dipantau agar tidak mengakses hal lain selain situs tersebut ketika sedang menggunakan internet.

Usia 4 s/d 7 tahun
Memasuki usia 4 tahun biasanya anak mulai tertarik untuk melakukan eksplorasi sendiri. Peran orang tua masih sangat penting untuk selalu mendampingi ketika anak menggunakan internet. Berdasarkan pengamatan orang tua sebelumnya, maka pertimbangan untuk memberikan batasan-batasan situs mana saja yang boleh dikunjungi menjadi kebijakan yang harus diambil oleh orang tua. Pada intinya bagaimana orang tua bisa menghindari situs-situs negatif, dan anak-anak masih leluasa untuk mengeksplorasi internet.

Usia 7 s/d 10 tahun
Dalam usia ini, anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial di luar keluarga mereka. Faktor pertemanan dan kelompok bermain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan seorang anak. Pada saat iniah, anak akan meminta kebebasan yang lebih dari orang tua dan sudah seharusnya kita mendorong anak untuk melakukan eksplorasi sendiri.

Usia 10 s/d 12 tahun
Pada masa pra-remaja, kebutuhan anak-anak akan internet mulai terasa lebih, dilain mereka juga membutuhkan pengalaman serta kebebasan. Untuk itulah masa ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan fungsi internet yang dapat membantu tugas sekolah ataupun menemukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi mereka. Namun, kita juga tetep harus memberi batasan berapa lama mereka bisa menggunakan internet.

Usia 12 s/d 14 tahun
Pada usia ini, anak-anak mulai aktif menjalani kehidupan sosial mereka. Rasa penasaran dan ketertarikan terhadap sesuatu akan mereka penuhi dengan mulai mengeksplorasi hal-hal yang mereka temukan. Maka dari itu orang tua harus tetap waspada terhadap apa yang dilakukan anaknya. Meskipun orang tua tidak harus berada dalam ruang yang sama ketika anak tersebut tengah menggunakan internet. Tetapi anak harus tetap tahu bahwa orang tua mempunyai hak untuk keluar dan masuk ke dalam ruangan kapan saja dan menanyakan apa yang tengah dilakukan anak tersebut ketika online.

Usia 14 ss/d 17 tahun
Usia remaja biasanya sangat rawan dan berisiko tinggi, baik dalam dunia maya maupun nyata. Tidak jarang beberapa remaja memutuskan untuk bertemu seseorang yang baru dikenal melalui internet, apalagi tanpa sepengetahuan orang tua.

Remaja harus diberikan pemahaman bahwa kontrol berada di tangan mereka, yaitu dengan cara tetap waspada terhadap hal-hal yang bersifat merugikan. Jika seorang remaja menceritakan sesuatu kepada orang tua tentang hal-hal negatif yang ditemui di internet, respons yang harus diberikan orang tua janganlah mencabut hak anak remaja tersebut dalam mengakses internet. Tetapi lebih kepada memberikan pengertian dan juga arahan bagaimana sikap yang harus dilakukan oleh para remaja tersebut. 


Itulah beberapa hal mengenai pembahasan kita tentang Mengenalkan Internet Berdasarkan Usia Anak, semoga sobat net sekalian bisa berlaku bijak dalam berinternet. Sekian untuk ulasan kali ini, sampai ketemu mimin di ulasan berikutnyaa yaa.